Kata KEMDIKBUD PERKETAT PENDIDIKAN
Tidak seragamnya kualitas lembaga
penyelenggara pendidikan kesetaraan, mendapat perhatian pemerintah.
Pasalnya, banyak peserta program pendidikan kesetaraan tidak lulus
ketika dites akhir lantaran kualitas lembaga penyelenggara serta tenaga
pendidiknya di bawah standar.
"Ada beberapa hal yang harus dibenahi
dalam layanan pendidikan kesetaraan. Ini agar lulusan yang dihasilkan
punya kualitas baik," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan
Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) Harris Iskandar, Senin (13/7).
Hal-hal yang harus dibenahi dalam
layanan pendidikan kesetaraan antara lain kelayakan lembaga
penyelenggara pendidikan kesetaraan, dilihat dari legalitas, jumlah dan
kualitas pendidik, pengelolaannya, serta sarana dan prasarananya.
Kemudian dari sisi pola manajemen, misalnya administrasi dokumen warga
dan pendidik, serta dokumen pelaksanaan pembelajaran juga masih harus
diperbaiki.
"Untuk mengatasi permasalahan itu, Kemendikbud tengah menyiapkan beberapa alternatif solusi," ujarnya.
"Untuk mengatasi permasalahan itu, Kemendikbud tengah menyiapkan beberapa alternatif solusi," ujarnya.
Solusi yang akan dilakukan pemerintah
antara lain melakukan pemetaan satuan pendidikan penyelenggara dan
diusulkan memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), melakukan
pendataan peserta didik dan diusulkan memperoleh Nomor Induk Siswa
Nasional (NISN), melakukan peningkatan mutu pendidik dan tenaga
kependidikan.