LAPORAN PKB
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
( P K B )
NAMA : ROFIATUL
HASANAH, S. Sos.
N I P :
JABATAN
GURU : SENI
BUDAYA
NAMA
SEKOLAH : MTS
AS-SIDDIQI
ALAMAT
SEKOLAH : Jl. KOWEL JAYA
DESA : KOWEL
KECAMATAN : PAMEKASAN
KABUPATEN : PAMEKASAN
KEMENTERIAN AGAMA PAMEKASAN
MTS AS SIDDIQI
KELURAHAN KOWEL KABUPATEN PAMEKASAN
TAHUN 2017
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN
Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Yang sudah saya lakukan adalah
:
A.
Kegiatan Pengembangan Diri :
1.
MGMP
Bimbingan Teknis Kurikulum 2013
Pamekasan, 20
Oktober 2017
Penyusun/Guru Yang dinilai
NIP. -
Disahkan oleh :
Kepala MTs As siddiqi
Drs. H. ABDURRAHMAN
|
Koordinator
PKB
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
FARIDA SUHARNANIK, S. Pd.
|
KATA
PENGANTAR
Undang –
Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru
dan dosen mengamanatkan bahwa
guru wajib meningkatkan kualifikasi
akademiknya dan kompetensinya secara terus menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
Sejalan dengan hal tersebut menurut Peraturan
pemerintah tahun 2017 tentang kurikulum 2013 dinyatakan bahwa derektorat
jenderal pendidikan dasar dan menengah telah menerbitkan keputusan nomor :
253/KEP.D/KR/2017 tentang penetapan satuan pendidikan pelaksanaan kurikulum dan
nomor 254/KEP.D/KR/2017 tentang penetapan kembali satuan pelaksanaan kurikulum
2013 tahun 2016. Untuk memenuhi kewajiban tersebut
kami telah melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan untuk
meningkatkan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum yang baru .
Demikian laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang dapat kami lakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan keprofesionalan
kami, semoga bermaanfaat.
Pamekasan, 20 Oktober
2017
Penyusun
ROFIATUL
HASANAH, S. Sos.
DAFTAR ISI
Halaman
IDENTITAS
GURU …………………………………………………………..............................
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………......................
KATA PENGANTAR
…………………………………………………….......................
DAFTAR ISI ……………………………………………………......................................
I. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
1.
MGMP
Bimbingan Teknis Kurikulum 2013
PENUTUP
………………………………………………………………………………….........
I. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurun waktu Januari s.d. Desember 2017, penulis telah mengikuti 1
(satu) Kegiatan Pengembangan Diri seperti
yang terinci pada matrik sbb
:
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Tahun
|
Tempat
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Penyelenggara
|
1
|
MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013
|
2017
|
MTs. Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan
|
14
s.d 16 September 2017
|
KKM
|
LAPORAN
Musyawaroh Guru Mata Pelajarar Bimbingan Teknis Kurikulum
2013
A.
Pendahuluan
Puji syukur
kami panjatkan kepada Tuhan YME
atas limpahan karunianya sehingga
kami telah menyelesaikan kegiatan peningkatan kompetensi melalui kegiatan Mengikuti MGMP Bimbingan Teknis
Kurikulum 2013.
Kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan
guru untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi baru bisa terlihat setelah selesai kegiatan-kegiatan
ini. Dalam upaya mewujudkan manusia seutuhnya,
maka pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia
Indonesia dalam rangka mewujudkan manusia seutuhnya
yang termaktub di dalam pembukaan UUD 1945. Di dalam UU RI
No.20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada
Bab II Pasal 3 disebutkan bahwa, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara
yang demokratis serta bertanggung jawab.
Menghadapi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam
era globalisasi saat ini maka pendidikan
Indonesia perlu segera dibenahi dengan melibatkan stakeholders dan semua pihak
yang terkait dalam kemajuan pendidikan dengan menekankan dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan
di Indonesia. Oleh karena itu,
pemerataan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan perlu menjadi prioritas
demi terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan lebih produktif,
kreatif, inovatif dan kontributif dalam membangun pendidikan nasional. Pada gilirannya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya insan
Indonesia yang cerdas dan kompetitif
di dunia internasional. Sumber daya manusia pendidikan
yang di dalamnya meliputi guru dan tenaga kependidikan lainnya merupakan bagian dari sumber daya manusia pembangunan nasional
yang memiliki peran sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan
di tanah air kita ini.Oleh karena itu,
perlu pembinaan secara terus menerus.
A. Alasan Mengikuti MGMP Kurikulum 2013
Alasan mengikuti kegiatan
“MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013“
adalah untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dan meningkat kanprofesionalisme dan karir
kami dalam Penilaian Kinerja Guru
yang mengacu pada Peraturan KEMDIKBUD
Nomor 253/KEP.D/KR/2017 tentang keputusan bagi satuan pendidikan untuk melaksanakan
Kurikulum 2013.
B.
Pelaksanaan
( waktu, tempat, dan jadwal kegiatan
)
Pelaksanaan kegiatan MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 dilaksanakan
dari tanggal 14 s.d 16 September 2017 bertempat di MTs. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, Sedangkan materi
yang diikuti meliputi :
1. Kebijakan umum pendidikan madrasah
2. Perubahan mindset
3. Elemen perubahan K13
4. Pembelajaran saintifik dan model
pembelajaran
5. Model pembelajaran proyek
6. Model pembelajaran berbasis masalah
7. Model pembelajaran Discovery
8. Penilaian auntetik dan pengolahan
nilai raport
9. Penyusunan RPP
10. Simulasi penerapan model – model
pembelajaran
C.
Strategi Pelaksanaan Kegiatan
Mengikuti MGMP Kurikulum 2013
Untuk mencapai semua
kompetensi yang diharapkan tersebut, Mengikuti
Pelatihan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 “ dilakukan
berbagai cara baik secara teori, praktik, dan simulasi agar Bersama semua guru mata pelajaran sebagai petunjuk untuk
melaksanakan Kurikulum 2013 di naungan KANKEMENAG Kab. Pamekasan.
D.
Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Manfaat yang
dapat diperoleh dalam kegiatan Mengikuti
MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 tersebut adalah
meningkatnya kompetensi saya, wawasan dan keterampilan dalam bimbingan
teknis perubahan kurikulum.
E.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan MGMP ini
adalah saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya,
dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
F.
Penutup
Setelah saya mengikuti kegiatan “MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013“
tersebut, kesimpulan yang dapat saya tarik
dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kompetensi saya sebagai guru dan menambah profesionalitas saya dalam melakukan tugas
sehari-hari sebagai pendidik.
0 Comments