LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
( P K B )



 














NAMA                                              : ROFIATUL HASANAH, S. Sos.
N I P                                                 :
JABATAN GURU                           : SENI BUDAYA
NAMA SEKOLAH                         : MTS AS-SIDDIQI
ALAMAT SEKOLAH                    : Jl. KOWEL JAYA
DESA                                                : KOWEL
KECAMATAN                                : PAMEKASAN
KABUPATEN                                 : PAMEKASAN



KEMENTERIAN AGAMA PAMEKASAN
MTS AS SIDDIQI
KELURAHAN KOWEL KABUPATEN PAMEKASAN
TAHUN 2017



LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

Jenis Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Yang sudah saya lakukan adalah :

A.           Kegiatan Pengembangan Diri :

1.        MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013








Pamekasan,  20 Oktober 2017

Penyusun/Guru Yang dinilai



ROFIATUL HASANAH, S. Sos.
NIP. -


Disahkan  oleh :
Kepala MTs As siddiqi



Drs. H. ABDURRAHMAN

Koordinator PKB
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum






FARIDA SUHARNANIK, S. Pd.











KATA PENGANTAR

            Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru dan dosen mengamanatkan bahwa guru wajib meningkatkan kualifikasi akademiknya dan kompetensinya secara terus menerus sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
            Sejalan dengan hal tersebut menurut Peraturan pemerintah tahun 2017 tentang kurikulum 2013 dinyatakan bahwa derektorat jenderal pendidikan dasar dan menengah telah menerbitkan keputusan nomor : 253/KEP.D/KR/2017 tentang penetapan satuan pendidikan pelaksanaan kurikulum dan nomor 254/KEP.D/KR/2017 tentang penetapan kembali satuan pelaksanaan kurikulum 2013 tahun 2016. Untuk memenuhi kewajiban tersebut kami telah melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum yang baru  .
            Demikian laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dapat kami lakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi dan keprofesionalan kami, semoga bermaanfaat.

Pamekasan, 20 Oktober 2017

Penyusun



ROFIATUL HASANAH, S. Sos.




                                                      








DAFTAR ISI
Halaman

IDENTITAS GURU …………………………………………………………..............................
            LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………......................
            KATA PENGANTAR …………………………………………………….......................
            DAFTAR ISI ……………………………………………………...................................... 
            I.  KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
1.      MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013
PENUTUP ………………………………………………………………………………….........













































I.  KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

Dalam kurun waktu Januari s.d. Desember 2017, penulis telah mengikuti 1 (satu) Kegiatan Pengembangan Diri seperti yang terinci pada matrik sbb :

No.
Nama Kegiatan
Tahun
Tempat
Waktu
Pelaksanaan
Penyelenggara
1
MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013
2017

MTs. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

14 s.d 16 September 2017
KKM
                                                                                   
                                                                                   
                                                                                   









































LAPORAN
Musyawaroh Guru Mata Pelajarar Bimbingan Teknis Kurikulum 2013


A.                Pendahuluan
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas limpahan karunianya sehingga kami telah menyelesaikan kegiatan peningkatan kompetensi melalui kegiatan Mengikuti MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013.
Kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan guru untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi baru bisa terlihat setelah selesai kegiatan-kegiatan ini. Dalam upaya mewujudkan manusia seutuhnya, maka pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan manusia seutuhnya yang termaktub di dalam pembukaan UUD 1945. Di dalam UU RI No.20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II Pasal 3 disebutkan bahwa, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Menghadapi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam era globalisasi saat ini maka pendidikan Indonesia perlu segera dibenahi dengan melibatkan stakeholders dan semua pihak yang terkait dalam kemajuan pendidikan dengan menekankan dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pemerataan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan perlu menjadi prioritas demi terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan lebih produktif, kreatif, inovatif dan kontributif dalam membangun pendidikan nasional. Pada gilirannya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan tersebut diharapkan mampu mendorong terwujudnya insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif di dunia internasional. Sumber daya manusia pendidikan yang di dalamnya meliputi guru dan tenaga kependidikan lainnya merupakan bagian dari sumber daya manusia pembangunan nasional yang memiliki peran sentral dan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di tanah air kita ini.Oleh karena itu, perlu pembinaan secara terus menerus.
A.   Alasan Mengikuti MGMP Kurikulum 2013

Alasan mengikuti kegiatan “MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013“ adalah untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan dan meningkat kanprofesionalisme dan karir kami dalam Penilaian Kinerja Guru yang mengacu pada Peraturan KEMDIKBUD Nomor 253/KEP.D/KR/2017 tentang keputusan bagi satuan pendidikan untuk melaksanakan Kurikulum 2013.

B.                Pelaksanaan ( waktu, tempat, dan jadwal kegiatan )
Pelaksanaan kegiatan MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 16 September 2017 bertempat di MTs. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, Sedangkan materi yang diikuti meliputi :
1.      Kebijakan umum pendidikan madrasah
2.      Perubahan mindset
3.      Elemen perubahan K13
4.      Pembelajaran saintifik dan model pembelajaran
5.      Model pembelajaran proyek
6.      Model pembelajaran berbasis masalah
7.      Model pembelajaran Discovery
8.      Penilaian auntetik dan pengolahan nilai raport
9.      Penyusunan RPP
10.  Simulasi penerapan model – model pembelajaran

C.    Strategi Pelaksanaan Kegiatan Mengikuti MGMP Kurikulum 2013
            Untuk mencapai semua kompetensi yang diharapkan tersebut, Mengikuti Pelatihan Bimbingan Teknis Kurikulum 2013   dilakukan berbagai cara baik secara teori, praktik, dan simulasi agar Bersama semua guru mata pelajaran sebagai petunjuk untuk melaksanakan Kurikulum 2013 di naungan KANKEMENAG Kab. Pamekasan.

D.                Hasil/Manfaat Yang Diperoleh
Manfaat yang dapat diperoleh dalam kegiatan Mengikuti MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 tersebut adalah meningkatnya kompetensi saya, wawasan dan keterampilan dalam bimbingan teknis perubahan kurikulum.

E.                Tindak Lanjut
            Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan MGMP ini adalah saya akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru di sekolah saya, dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.

F.                 Penutup
            Setelah saya mengikuti kegiatan MGMP Bimbingan Teknis Kurikulum 2013“   tersebut, kesimpulan yang dapat saya tarik dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kompetensi saya sebagai guru dan menambah profesionalitas saya dalam melakukan tugas sehari-hari sebagai pendidik.











0 Comments